Cara Mencuci Karpet Area Kapas di Mesin Cuci

Banyak pemilik rumah ingin tahu apakah mereka bisa mencuci permadani kapas mereka di mesin cuci tanpa merusaknya. Jawaban atas pertanyaan ini adalah untuk memeriksa label yang dilekatkan ke bagian belakang karpet. Ini akan menyatakan mesin bisa dicuci jika cocok untuk mencuci di mesin cuci. Jika Anda tidak melihat istilah yang bisa dicuci dengan mesin apa pun di label, itu berarti Anda tidak boleh mencucinya dalam mesin cuci. Mempelajari cara mencuci karpet kapas yang bisa dicuci dengan mesin di mesin cuci dapat membantu Anda menghemat uang saat mengirimkannya ke pembersihan profesional.

Langkah 1: Menghilangkan Debu dan Partikel Keras

  • Pertama-tama, sebelum membuang karpet kapas yang bisa dicuci ke dalam mesin cuci, Anda harus melepaskan kotoran dan partikel padat lainnya. Anda dapat meminta orang lain untuk membantu Anda membawa sisi karpet yang lain. Anda berdua kemudian bisa mengguncang karpet beberapa kali untuk membiarkan kotoran jatuh.

  • Anda dapat menggunakan penyedot debu untuk menyedot debu jika Anda tidak ingin membawanya ke luar. Anda harus mengosongkan dengan lembut, terutama poni, untuk mencegah serat terlepas. Jika Anda belum terampil dalam menggunakan penyedot debu, akan lebih baik untuk mengambil karpet di luar dan menghilangkan debu.

  • Mengebaskan debu dapat mencegah debu masuk ke motor dan merusaknya.

Langkah 2: Periksa Karpet untuk Noda yang Terlihat

  • Setelah mengebaskan debu, Anda harus memeriksa karpet untuk melihat noda noda yang terlihat. Noda harus diperlakukan dengan tepat.

  • Jika karpet memiliki noda minuman, Anda dapat mencampur 1 sdm hidrogen peroksida hingga 1/2 sendok makan sup hidangan dan menerapkannya di area noda. Anda harus membiarkan larutan itu berada di area noda selama beberapa menit sebelum mencucinya.

  • Jika ini adalah noda berbasis lemak, Anda bisa menaburkan beberapa bubuk soda kue di atasnya dan membiarkannya di sana selama 6 jam. Setelah 6 jam, Anda dapat menyedot soda kue dan menggunakan kain basah untuk menghapusnya.

  • Untuk noda gusi, Anda dapat menggunakan sendok untuk mengeluarkan sebanyak mungkin permen karet dan kemudian menggosoknya dengan spons yang dicelupkan ke dalam deterjen. Permen karet keras dapat dilunakkan dengan beberapa es batu.

  • Jika karpet mengandung cairan tubuh seperti air kencing, muntahan atau darah, Anda bisa menaburkan beberapa baking soda di atasnya. Selanjutnya, Anda harus menuangkan cuka ke atas soda kue agar busa putih yang berbuih mulai terbentuk. Anda harus menunggu sekitar 5 menit atau lebih untuk soda kue untuk menyerap noda sebelum menggunakan lap kering untuk menyekanya.

  • Tidak perlu merendam karpet selama berhari-hari untuk menghilangkan noda noda. Jika Anda merendam karpet selama berhari-hari, karpet Anda akan lembap yang berarti akan lebih lama kering. Jika perlu waktu lebih lama untuk mengeringkan, itu akan memberi jalan bagi pertumbuhan jamur untuk muncul di karpet. Noda ini juga dapat dihilangkan dengan menyemprotkan pembersih enzimatik yang dapat dibeli di toko hewan peliharaan.

Langkah 3: Cuci Karpet di Mesin Cuci

  • Setelah debu terangkat, Anda dapat mengatur karpet kapas yang bisa dicuci dengan mesin di sekitar alat pengaduk di mesin cuci.

  • Jika karpet kapas putih, Anda bisa mencucinya dengan deterjen dan pemutih dalam air hangat.

  • Jika karpet katun berwarna, Anda hanya perlu menggunakan deterjen dan tidak memutihkannya dengan air dingin. Sebaiknya jangan mencampur dengan karpet warna lainnya. Ini karena warna mungkin terlepas saat mencuci dan noda karpet katun Anda dengan warna lain.

  • Jika karpet katun Anda memiliki dukungan karet, yang terbaik adalah menyikatnya dengan sikat bulu lembut dengan lembut.

  • Jika Anda merasa malas untuk mencucinya dengan tangan, Anda bisa membawanya ke toko cuci pakaian dan mencucinya dengan mesin pencuci yang berat.

  • Tombol-tombol pada mesin cuci akan memberikan ilustrasi tentang berapa banyak deterjen yang digunakan. Misalnya, untuk beban sedang, isi wadah deterjen ke bar 1. Jika itu adalah beban besar, isi wadah deterjen ke bar 3.

  • Anda harus mengatur mesin cuci ke siklus yang halus. Melakukan hal itu akan mencegah serat menjadi rusak karena berputar di sekitar beberapa kali dalam siklus pencucian.

  • Jika setelah mencuci karpet, beberapa noda noda tetap, Anda tidak harus memasukkannya kembali ke mesin cuci. Sebaliknya, Anda harus mengeringkannya di tali jemuran seperti biasa. Noda mungkin hilang saat matahari menyedot semua kelembaban dari karpet basah. Jika noda tidak hilang, Anda dapat mengulangi proses pencucian lagi.

Langkah 4: Keringkan Karpet yang Kering

  • Akhirnya, ketika siklus pencucian berakhir, Anda harus membawa mesin karpet kapas yang bisa dicuci keluar dan mengeringkan udara di garis pakaian. Karpet lebih berat setelah dicuci karena basah dan direndam dalam air. Anda dapat meminta seseorang untuk membantu Anda membawanya ke jemuran di mana Anda dapat meletakkannya untuk dikeringkan.

  • Yang terbaik adalah mengeringkannya di bawah sinar matahari di pagi atau sore hari. Matahari akan mengeringkan semua kelembapan dan angin membantu mengusir bau pengap yang basi dari karpet.

  • Mungkin butuh waktu lebih dari 1 hari agar karpet kapas menjadi benar-benar kering. Dari waktu ke waktu, Anda bisa membalik karpet agar kedua sisi kering di bawah matahari. Saat hujan, Anda dapat membawanya dalam ruangan dan menyalakan 2 – 3 kipas meja ke pengaturan daya tertinggi untuk mengeringkannya.

Merawat Karpet Kapas yang Dapat Dicuci dengan Mesin

  • Area karpet kapas yang bisa dicuci dengan mesin paling baik dicuci dalam mesin cuci terpisah yang digunakan untuk membersihkan barang-barang kotor. Seharusnya tidak dicuci dalam mesin cuci yang sama yang Anda gunakan untuk mencuci pakaian Anda.

  • Anda tidak harus sering mencuci karpet katun Anda di mesin cuci karena bisa rusak. Anda dapat memasukkannya ke mesin cuci setiap 2 – 3 bulan sekali.

  • Penting bahwa Anda tidak hanya mencuci karpet kapas ketika kotor dengan noda. Untuk mengetahui apakah perlu untuk mencucinya, Anda bisa mengambilnya dan menjatuhkannya ke lantai. Jika beberapa debu muncul di udara, itu artinya karpet Anda berdebu dan perlu dicuci.

Bagaimana Jika Karpet Anda Tidak Dicuci Mesin

  • Karpet katun buatan tangan tidak cocok untuk dicuci dalam mesin cuci sehingga satu-satunya cara untuk mencucinya adalah dengan mencucinya dengan tangan. Anda dapat menggunakan sikat berbulu lembut untuk menggosok karpet dengan lembut dan menggunakan busa dengan detergen. Busa sabun harus dibiarkan di atas karpet selama sekitar 10 menit sebelum membilasnya dengan selang kebun. Kedua belah pihak harus digosok dengan sikat.

  • Saat bekerja dengan sabun, selalu kenakan sarung tangan karet untuk melindungi tangan Anda.

  • Saat berkumur, Anda harus terus menyemprot karpet dengan selang taman sampai air yang mengalir ke bawah jernih tanpa busa. Anda harus memeras kelebihan air dengan tangan Anda sebelum menggantungnya di rak di luar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *